Linux Mint : Gak perlu account root?

Linux MintBerbagai sistem operasi komputer pastinya terdapat account dengan berbagai kewenangannya. Ada dua jenis account yang biasanya ada yaitu account administrator atau root kalau di linux dan account user biasa. Administrator mempunyai kewenangan yang lebih daripada user biasa, seperti menginstall aplikasi dan settingan penting lainnya. Sedangkan user biasa hanya sebagai pengguna saja.
Tetapi kemarin saya install Linux Mint diberi dua pilihan, apakah mengenablekan account root ataukah mendisablenya.

Kemarin saya install Linux Mint 5 sebagai OS kedua di laptop saya untuk menggantikan Fedora 9 yang sudah ada disana selama 5 bulan lebih. Gak ada alasan mendasar yang menyebabkan saya mengganti distro ini. Hanya ingin penyegaran dan mencoba-coba saja.

Dulu saya pernah install Linux Mint juga, hanya kala itu saya menggunakan yang versi 3 dan laptop saya ketika itu masih pentium iii. Waktu itu saya cukup puas dengan Celena (Linux Mint 3) yang sudah komplet pluggin atau codex multimedianya, dibandingkan dengan fedora 4 yang sudah saya coba sebelumnya. Di fedora saya perlu menginstall codex-codex multimedia tersebut didalamnya. Tapi Mint versi 3 ini tidak lama saya pake karena ketika saya coba setting compiz malah laptopnya hang 🙁
Wajar saja masih pentium iii 😀

Kali ini mau mencoba lagi yang versi 5 atau Elyssa. Proses installnya biasa saja gak ada yang istimewa. Tinggal masukkan CD ke drive, kemudian booting lewat CD untuk liveCD. Tinggal klik install, kemudian setting partisi, isikan user ama password, bereeeeess dah. Jangan keliru setting partisinya ya 😉

Setelah reboot, akan ditanya mengenai account root dsb. Mirip di distro lainnya kan?
Keanehannya adalah di Linux Mint kita diperbolehkan untuk tidak mengenablekan account dengan nama root. Mint masih memberikan pilihan bagi kita untuk mengenablekan kalau dirasa kita membutuhkannya. Jadi dengan kata lain, di Linux Mint, account root tidak dibutuhkan lagi, toh yang menginstall pasti sebagai root kan ? Bener gak ya?

Logika saya,

Kalau saya menginstall Linux Mint di laptop saya, berarti saya adalah root atau administrator. So wajar apabila saya tidak perlu membuat account root karena saya sudah root.

Akhirnya saya tidak mengenablekan account root di Linux Mint saya. Dan untuk berbagai keperluan adminstrasi saya tinggal memberikan perintah “sudo su root“. Dan saya cukup nyaman dengan hal ini.

Trackbacks & Pings

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar